Presiden Jokowi Minta Pelayanan Imigrasi Terus Ditingkatkan

M. Isa | Sabtu, 10/09/2022 20:06 WIB
Presiden Jokowi Minta Pelayanan Imigrasi Terus Ditingkatkan Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, banyak keluhan yang masuk mengenai urusan imigrasi terutama soal visa on arrival (VoA) dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). Hal itu, ia sampaikan saat memimpin rapat bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 9 September 2022.

“Jadi yang kita lihat dan disampaikan ke saya, banyak, baik dari investor, baik mengenai turis, baik mengenai orang yang ingin dapat kitas izin tinggal, auranya yang saya rasakan itu, imigrasi ini masih mengatur dan mengontrol. Sehingga apa? Akhirnya apa? Menyulitkan.

Presiden Jokowi berharap ada perubahan total dalam pelayanan imigrasi menjadi lebih memudahkan dan melayani, “Ini yang diubah total, harus. Yang seharusnya auranya adalah memudahkan dan melayani. Harus berubah total,” katanya.

Menurut Presiden Jokowi, seharusnya dalam hal pemberian visa atau Kitas kepada para investor dilihat juga besarnya investasi, jumlah lapangan kerja yang terbuka, hingga kontribusi terhadap ekonomi maupun peningkatan ekspor.

“Jadi orang diberikan, baik itu yang namanya visa, yang namanya kitas, kalau kita ya mereka melihat itu. Kalau dia investor, investasinya berapa, sih? Dia lihat, negara itu pasti lihat. Dia membuka lapangan kerja berapa ribu orang, sih? Atau memberikan kontribusi terhadap ekonomi kita berapa, sih? Orientasinya mesti harus ke sana. Atau meningkatkan ekspor berapa, sih?” paparnya.

Untuk itu, Jokowi meminta kepada jajarannya untuk memastikan memberikan layanan terbaik dan meninggalkan cara-cara lama, “Ganti itu kalau kira-kira memang enggak punya kemampuan untuk reform seperti itu, ganti semuanya dari dirjen sampai bawahnya, ganti, akan berubah,” tukasnya.