Hadapi Tantangan di Desa, Gus Halim: Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa Dibutuhkan

M. Isa | Selasa, 06/09/2022 22:23 WIB
Hadapi Tantangan di Desa, Gus Halim: Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa Dibutuhkan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus mendorong peningkatan kapasitas Pendamping Desa agar selalu siap menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di desa.

“Peningkatan kapasitas Tenaga Pendamping Profesional itu sangat dibutuhkan," kata Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar saat membuka acara Training of Trainers (TOT) Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional Regional IV di Jakarta, Senin, 5 September 2022.

Oleh karena itu, Gus Halim-sapaan akrabnya meminta pendamping desa harus banyak belajar, banyak mencari berita baik di media cetak, TV, maupun online, serta banyak membaca aturan. Pasalnya, saat terjun di lapangan mereka akan menjumpai berbagai persoalan dan diminta sebagai solutor.

"Tenaga pendamping profesional adalah tenaga pendamping yang mendampingi secara totalitas seluruh hal yang terkait dengan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa," tegas Gus Halim.

Sekedar informasi, TOT Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional Regional IV itu diikuti 330 peserta yang berasal dari 12 provinsi seperti Kaltim, Kalbar, Sulut, Sulteng, Sulsel, Sultra, Gorontalo, Sulbar, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.


Berita Terkait :