Upaya Gus Halim Pulihkan Ekonomi Nasional di Level Desa

M. Isa | Senin, 05/09/2022 17:52 WIB
Upaya Gus Halim Pulihkan Ekonomi Nasional di Level Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar terus melakukan pemulihan ekonomi nasional di level desa.

Salah satu menjaga dan penguatan ketahanan pangan di desa-desa di kawasan transmigrasi dengan meresmikan Demplot Peternakan Terpadu Berkelanjutan di kawasan transmigrasi Dadahup Lamuni (C3), Desa Rawa Subur, Kapuas Murung, Kapuas, Kalimantan Tengah, Jumat 2 September 2022 lalu.

"Ini menjadi bagian dari program pemulihan ekonomi nasional di level desa," ucap Mendes PDTT, Halim Iskandar.

Gus Halim-sapaan akrabnya, menjelaskan, Demplot Peternakan Terpadu Berkelanjutan yang bersinergi dengan BUM Desa Berkah Bersama itu bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan (food estate) di kawasan transmigrasi. Khususnya di Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Demplot Peternakan Terpadu Berkelanjutan dibangun di lahan seluas 20.000 hektare. Di dalamnya terdapat kandang sapi dengan kapasitas 20 ekor, kandang kambing berkapasitas 100 ekor, kandang ayam petelur dan itik petelur masing-masing kapasitas 1.000 ekor. Selain itu terdapat kolam ikan nila, tanaman sayuran dan padi.

Sedangkan yang membedakan Demplot peternakan terpadu dengan Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan di tujuh titik Pulau Jawa adalah lokasinya di wilayah transmigrasi dan lahannya lebih luas. Sehingga peluang untuk berkembang akan lebih cepat.

Dalam hal ini, lanjut Gus Halim, BUM Desa bertugas memasarkan daging sapi, daging kambing, telur ayam, sayuran, dan panen ikan untuk kebutuhan warga desa setempat.

"Karena berasal dari desa sendiri, maka hampir tidak dibutuhkan biaya dan waktu transportasi komoditas. Sehingga harga jualnya lebih rendah daripada harga pasaran di luar desa," tukas Gus Halim.


Berita Terkait :