Rano Alfath Dukung Peningkatan Kesejahteraan Hakim MA

M. Isa | Kamis, 01/09/2022 18:32 WIB
Rano Alfath Dukung Peningkatan Kesejahteraan Hakim MA Anggota Komisi III DPR RI/FPKB, Rano Alfath (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi III DPR RI Rano Al Fath mendukung pengajuan anggaran Mahkamah Agung sebagai upaya peningkatan kesejahteraan para hakim MA.

“Komisi III beberapa kali sudah sering sekali kunjungan kerja ke beberapa wilayah. Banyak sekali pemandangan yang kurang elok saat kita kunjungan ke beberapa wilayah tersebut. Salah satunya adalah masih banyaknya gedung-gedung pengadilan hingga rumah-rumah hakim serta kendaraan dinas yang tidak layak. Hakim adalah ‘Wakil Tuhan’ di bumi, jadi istilahnya jangan sampai malah tidak diberikan fasilitas yang layak. Hal ini menurut saya perlu sekali kita dukung terkait anggaran,” ujar Rano Alfath dalam rilisnya, Kamis 1 September 2022.

Selain itu, Politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mengimbau Sekretaris MA Hasbi Hasan untuk semakin memperhatikan asuransi kesehatan untuk segenap Hakim MA.

Mengingat, ungkap Legislator daerah pemilihan Banten III itu, mayoritas usia para hakim di daerah maupun nasional yang rata-rata terbilang sudah bukan golongan usia muda lagi namun masih bersemangat dalam mengemban tugas negara kehakiman setiap harinya.

“Rata-rata usia hakim itu bukan muda lagi dimana usianya sudah usia senior 60 tahun keatas. Bahkan, di beberapa wilayah banyak hakim yang bertugas menangani suatu kasus lebih banyak porsi kerjanya silih berganti. Jadi, harus diperhatikan juga soal kesehatan para hakim. Maka saya dukung pengajuan anggaran yang diminta oleh MA. Dengan catatan, peruntukan anggaran tersebut jika terealisasi benar-benar dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan dan kesehatan para hakim,” pungkas Rano.


Berita Terkait :