Minimalisir Dampak Krisis Pangan Global, Wapres: Pemerintah Siapkan Bansos

M. Isa | Jum'at, 26/08/2022 15:11 WIB
Minimalisir Dampak Krisis Pangan Global, Wapres: Pemerintah Siapkan Bansos KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah telah menyiapkan bantuan sosial atau bansos untuk masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak krisis pangan global. Selain bansos, pemerintah juga rutin melakukan operasi pasar.

“Pemerintah sudah menyiapkan ini, untuk bansos (bantuan sosial) terus digulirkan, kemudian juga untuk operasi pasar juga disiapkan. Bansos kita akan terus diperbesar di dalam rangka untuk menghadapi dampak daripada krisis global,” ujar Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin di Pekanbaru, Riau, Jumat 26 Agustus 2022.

Wapres menyakini bahwa Indonesia mampu menangani krisis pangan global. Salah satunya pertumbuhan ekonomi di Indonesia di atas 5 persen. “Indonesia cukup baik, alhamdulillah. Pertama, pertumbuhan ekonomi kita di atas lima persen, itu pertumbuhan kita itu. Kemudian juga inflasi kita terendah dibanding negara-negara lain,” katanya.

“Kemudian, perdagangan ekspor kita surplus. Ini, dan kita cukup kuat untuk menghadapi dibanding dengan negara lain,” tambahnya.

Sementara terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Wapres mengungkapkan, pemerintah sedang membahas opsi-opsi yang dapat dilakukan dalam mengatasi isu ini.

“Sekarang ini memang ada beberapa opsi sedang dipikirkan, apakah menaikkan harga, apakah membatasi, atau menambah subsidinya, ini opsinya begini. Mudah-mudahan nanti ada solusi yang terbaik buat masyarakat, dan buat pemerintah, buat bangsa, dan buat negara,”  tukasnya.


Berita Terkait :