Presiden Jokowi Minta Jajarannya Percepat Transformasi Digital Pengadaan Baraang dan Jasa

M. Isa | Kamis, 25/08/2022 18:05 WIB
Presiden Jokowi Minta Jajarannya Percepat Transformasi Digital Pengadaan Baraang dan Jasa Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan jajarannya agar mempercepat transformasi digital pengadaan barang dan jasa.

“Bapak Presiden memerintahkan tidak boleh lagi masuk e-Katalog berbelit-belit, tidak boleh lagi sulit untuk diakses, dan ini sekarang sudah mudah diakses,” kata Abdullah Azwar Anas usai Ratas dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 25 Agustus 2022.

Azwar Anas menyampaikan, pihaknya telah menyederhanakan penayangan produk di e-Katalog, dari delapan proses menjadi dua proses. Ini memicu peningkatan signifikan produk yang ada di e-Katalog, dari 52 ribu menjadi 600 ribu produk dalam satu tahun.

“LKPP telah memotong mata rantai yang panjang dari proses tayang produk. Dulu perlu delapan proses, sekarang tinggal dua proses saja, setelah kami bertemu dengan vendor-vendor dan digital marketplace, sehingga sangat market friendly,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Azwar Anas, Presiden meminta agar jajaran terkait untuk meningkatkan e-Katalog lokal sehingga semakin banyak produk lokal yang masuk ke dalam sistem pengadaan barang dan jasa.

“Dulu saya selama 10 tahun jadi bupati di daerah, tidak bisa bikin E-Katalog lokal karena syaratnya terlalu banyak. Sekarang syarat-syarat yang berat telah kita potong dan semua kabupaten/kota sekarang sudah punya E-Katalog. Hasilnya, sekarang produknya sudah banyak yang masuk,” ujar Azwar Anas.