Lewat Pameran 2nd Technofarmalkes, Kemenkes Dorong Ketahanan Farmasi dan Alkes Indonesia

M. Isa | Selasa, 23/08/2022 13:59 WIB
Lewat Pameran 2nd Technofarmalkes, Kemenkes Dorong Ketahanan Farmasi dan Alkes Indonesia Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan menggelar kegiatan 2nd Technofarmalkes, selama dua hari, 23-24 Agustus 2022.

Acara yang mengangkat tema ‘Progressing Step to Achieve National Resilience in Pharma and Medical Device’, bertujuan untuk mendorong inovasi di bidang kefarmasian dan alat kesehatan dalam negeri, baik inovasi produk, teknologi/sistem informasi kesehatan, maupun kebijakan, sejalan dengan semangat transformasi sistem Kesehatan.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono mengatakan rangkaian acara Technofarmalkes ini adalah salah satu bentuk upaya implementasi transformasi kesehatan, khususnya transformasi sistem ketahanan kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi di bidang kefarmasian dan alat kesehatan dalam negeri melalui berbagai upaya seperti inovasi produk, penggunaan teknologi kesehatan, atau penyusunan kebijakan,” kata Dante.

Dante mengungkapkan, pada tahun 2019 lalu, telah diselenggarakan acara Technofarmalkes pertama, yang membahas inovasi teknologi kesehatan Indonesia, gelaran kedua ini akan berfokus pada hilirisasi sediaan farmasi dan Alkes, ekosistem penelitian, serta sosialisasi kebijakan.

“Saya berharap acara 2nd Technofarmalkes dapat menghasilkan berbagai kerja sama dalam penelitian dan pengembangan sediaan farmasi dan alkes,” tukas Dante.


Berita Terkait :