Ketua DPR RI Sebut Indonesia Masih Menghadapi Tantangan Berat

Rahmad Novandri | Kamis, 18/08/2022 22:50 WIB
Ketua DPR RI Sebut Indonesia Masih Menghadapi Tantangan Berat Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan bahwa tugas membangun bangsa dan negara Indonesia ke depan menghadapi tantangan dan kendala yang tidak ringan. Indonesia masih menghadapi ketidakpastian situasi pandemi COVID-19, konflik geopolitik, pemulihan ekonomi global di tengah kerentanan pangan, energi, pengangguran, hingga kebijakan moneter global.

Di tengah tuntutan era globalisasi, menurut Puan, Bangsa Indonesia semakin dituntut memiliki kemampuan dan kekuatan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Masyarakat Indonesia pun dinilai punya kewajiban moral dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian berlandaskan Pancasila.

Puan menyebut, banyak cara bagi anak bangsa berpartisipasi membangun kekuatan nasional. Puan mengatakan, hal itu dapat dilakukan lewat peran dan porsi masing-masing setiap warga negara.

“Termasuk lewat profesi atau bidang yang diemban sehingga dapat berprestasi dan memberikan sumbangsih lewat caranya sendiri-sendiri,” tutur Puan dalam keterangan persnya, terkait HUT ke-77 Republik Indonesia, seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 18 Agustus 2022.

Politisi PDI-Perjuangan itu menilai, semua bentuk partisipasi dalam menyusun dan membangun Indonesia akan memberikan energi yang positif apabila ditujukan untuk memajukan Indonesia. Maka arah dari kerja bersama itu akan memberikan energi yang positif dalam produktivitas memajukan Indonesia dan memperkuat kebersamaan rakyat.

“Serta mempersatukan rakyat, meneguhkan Pancasila, memperkuat semangat kebangsaan Indonesia, dan membudayakan kepribadian bangsa Indonesia. Suatu jiwa pengabdian untuk bangsa dan negara. Dirgahayu Indonesia! Merdeka!,” tandasnya.