Bahas Persoalan BBM Bersubsidi, Komisi VI DPR Bakal Panggil Direksi Pertamina

Rahmad Novandri | Selasa, 16/08/2022 17:15 WIB
Bahas Persoalan BBM Bersubsidi, Komisi VI DPR Bakal Panggil Direksi Pertamina Faisol Riza (Ketua Komisi VI DPR RI dari FPKB). (Foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Komisi VI DPR RI akan memanggil jajaran direksi PT Pertamina pada masa sidang I tahun sidang 2022-2023 mendatang. Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza mengatakan bahwa hal itu untuk mendapatkan penjelasan mengenai strategi yang akan dilakukan Pertamina berkaitan dengan meningkatnya konsumsi Bahan bakar Minyak (BBM) bersubsidi imbas dari naiknya harga BBM non-subsidi.

“Kita ingin Pertamina menjelaskan apa langkah yang sedang diantisipasi sejauh ini. Cuma memang ini kejadian di seluruh dunia ya, kita prihatin tapi kita tidak boleh kalah dengan krisis atau resesi yang ada," kata Faiso dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 16 Agustus 2022.

Lebih lanjut disampaikannya, terkait adanya kemungkinan naiknya harga BBM bersubsidi, Komisi VI DPr RI akan menghitung terlebih dahulu sejauh mana efek kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap inflasi. "Banyak yang sudah meminta kenaikan harga pertalite, tapi kita masih menghitung sejauh mana tentunya efek terhadap inflasi," imbuhnya.

Menurut Politisi PKB ini, faktor inflasi penting untuk diperhitungkan, sebab akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Apalagi di tengah krisis yang sedang terjadi.

"Inflasi bukan sepenuhnya jelek ya, tapi kita ingin daya beli masyarakat tetap ada, kita juga tidak ingin itu memicu kenaikan yang gila-gilaan terhadap barang kebutuhan pokok," ujarnya.

Untuk itu ia berharap, apapun nanti solusi yang dilakukan, akan tetap bisa menjaga kemampuan daya beli masyarakat. "Yang penting dijaga kemampuan daya beli masyarakat," tegas Faisol.