Pasar Modal Teruji Hadapi Tantangan Peristiwa Perekonomian Indonesia

M. Isa | Rabu, 10/08/2022 20:55 WIB
Pasar Modal Teruji Hadapi Tantangan Peristiwa Perekonomian Indonesia Ilustrasi. Indeks Harga Saham Gabunga (IHSG) hari ini dibuka menguat (Doc: 99)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan perkembangan pasar modal Indonesia teruji melalui berbagai peristiwa sejarah di dalam perekonomian Indonesia.

Menurut Menkeu Sri Muluani, tantangan dalam pasar modal mulai dari zaman kolonial, selama perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan pada saat menghadapi krisis keuangan, baik di Indonesia maupun krisis keuangan global, pandemi Covid-19 hingga perang Rusia-Ukraina. “Tantangan tersebut tentu merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh pasar modal Indonesia,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam rilisnya, Rabu 10 Agustus 2022.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa perbaikan dan reformasi tata kelola pasar modal Indonesia menjadi kunci bagi keberhasilan untuk menghadapi berbagai guncangan.

“Ketika Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG mengalami turbulensi ke titik terendah pada Maret 2020 di awal pandemi COVID-19, pasar modal Indonesia mampu merespons dengan baik, dengan dukungan kebijakan yang ditetapkan bersama-sama pemerintah dan SRO (Self Regulatory Organization), juga stakeholder lainnya. Guncangan yang luar biasa dapat ditangani dengan baik,” imbuh Sri Mulyani.

Dalam perayaan HUT ke-45 Pasar Modal Indonesia, Sri Mulyani juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada pasar modal Indonesia yang telah berinisiatif untuk menggunakan fee transaksi sebagai dana pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) di berbagai wilayah Indonesia.

“Saya berharap ini menjadi juga sarana untuk mengedukasi dan meningkatkan kepercayaan oleh pasar modal Indonesia bagi seluruh masyarakat dan terutama calon investor,” ucapnya.


Berita Terkait :