Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dikirim ke Indonesia

M. Isa | Jum'at, 05/08/2022 18:24 WIB
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dikirim ke Indonesia Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung Selesai Akhir Tahun 2021 (Foto: Suaracom)

RADARBANGSA.COM – Menteri Perhubungan  (Menhub), Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Api Cepat Jakarta- Bandung (KCJB) mulai dikirim dari Tiongkok ke Indonesia, pada hari ini, Jumat, 5 Agustus 2022.

“Ditargetkan, pada November 2022 mendatang atau bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20, KCJB sudah menjalani tes dinamis,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam rilisnya.

Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, proyek kreta cepat ini merupakan wujud persahabatan Indonesia – Tiongkok yang selalu dibahas dalam pertemuan kedua negara.

“Untuk itu mari kita dukung proyek KCJB ini agar dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan,” katanya.

Menhub Budi menjelaskan bahwa KCJB mengadopsi teknologi tinggi yaitu Grade of Automation (GOA) Level 1, serta memiliki desain yang ramping sehingga dapat mendukung akselerasi atau kecepatan dari kereta tersebut yang bisa mencapai 350 km/jam.

“Waktu tempuh Jakarta – Bandung hanya membutuhkan waktu 36-45 menit. Sebelumnya membutuhkan kurang lebih 2,5 jam untuk sampai tujuan,” tukasnya.


Berita Terkait :