Lihat Kondisi Kesehatan Tubuh, Menkes Bakal Bentuk BGSi

M. Isa | Senin, 01/08/2022 22:56 WIB
Lihat Kondisi Kesehatan Tubuh, Menkes Bakal Bentuk BGSi Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan ke gedung Eijkman di Jakarta, Senin 1 Agustus 2022. Kunjungan ini dilakukan menyusul adanya rencana peresmina Biomedical dan Genome Sience Initiative (BGSi) pekan depan 13/14 Agustus 2022 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan transformasi di bidang kesehatan. Ada 6 jenis transformasi kesehatan yang dilakukan, yakni Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

“Program BGSi ini termasuk bagian dari pilar keenam transformasi kesehatan bidang teknologi Kesehatan,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya.

Menurut Menkes Budi Gunadi, sebelumnya untuk melihat kondisi kesehatan seseorang diambil dari darah, MRI, dan CT Scan. Melalui BGSi, katanya, ke depan diagnosisnya menggunakan genom sequencing.

“Genome sequencing bisa melihat secara benar-benar rinci yang ada di tubuh manusia, terutama terkait kondisi kesehatan seperti apa. Malah ke depannya melalui BGSi ini bisa melihat potensi penyakit yang akan timbul di masa mendatang,” katanya.

Diketahui, genome sequencing adalah metode yang digunakan untuk mengurutkan genom yang berada di organisme, seperti bakteri, virus, dan manusia. Genom adalah materi genetik yang tersusun dari DNA.


Berita Terkait :