Bahas Isu Global, Presiden Jokowi Bertolak ke Tiongkok

M. Isa | Senin, 25/07/2022 16:34 WIB
Bahas Isu Global, Presiden Jokowi Bertolak ke Tiongkok Presiden Jokowi saat hendak terbang ke Tiongkok melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Senin, 25 Juli 2022.

Presiden Jokowi dan rombongan akan melakukan kunjungan ke tiga negara yakni RRT, Jepang, dan Korea Selatan yang merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

“Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” jelas Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dilansir laman setkab.

Melu Retno Marsudi menjelaskan, Presiden Jokowi akan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu mulai dari isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

“Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut,” ucap Menlu Retno Marsudi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Beijing, RRT, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Sementara Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Jokowi.

TAG : Presiden Jokowi ,