Revitalisasi Rampung, Landasan Pacu Bandara Halim Perdanakusumah Diuji Coba

M. Isa | Selasa, 12/07/2022 16:52 WIB
Revitalisasi Rampung, Landasan Pacu Bandara Halim Perdanakusumah Diuji Coba Runway Bandara Halim Perdana Kusuma diuji coba sebelum dioperasikan (foto: kemenhub)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi didampingi Panglima Komando Operasi Udara Nasional, Marsekal Madya Andyawan melakukan uji coba landasan pacu (runway) hasil revitalisasi Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Selasa 12 Juli 2022.

“Secara teknis runway Bandara Halim sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VVIP mulai besok (13 Juli 2022), dan September nanti sudah bisa digunakan untuk komersial,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangannya.

Menurut Menhub Budi Karya Sumadi, prosesi lepas landas dan pendaratan di runway Bandara Halim menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air 350i PK-CAP berjalan dengan mulus dan lancar.

Menhub Budi juga menyampaikan bahwa Bandara Halim tidak beroperasi sejak Januari 2022, karena dilakukan revitalisasi. Langkah revitalisasi dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

“Selain runway, kami juga membangun terminal untuk tamu VVIP. Pengoperasian secara komersial akan dilakukan berbarengan dengan selesainya bangunan terminal,” imbuhnya.

Turut hadir dalam uji coba tersebut Sekjen Kemenhub Novie Riyanto, Plt. Dirjen Udara Nur Isnin, Dirut AP 2 Awaluddin, Dirut WIKA Agung Budi Waskito dan Dirut PT PP Novel Arsya.


Berita Terkait :