Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam Atas Kematian Mantan PM Jepang Shinzo Abe

M. Isa | Jum'at, 08/07/2022 20:47 WIB
Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam Atas Kematian Mantan PM Jepang Shinzo Abe Presiden Jokowi saat dengan Eks PM Jepang, Abe Shinzo (foto: facebook Presiden Joko Widodo)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka mendalam atas kematian tragis Mantan Perdana Menteri Jepang,  Shinzo Abe, pada Jumat 8 Juli 2022.

“Izinkan kami untuk menyampaikan duka yang mendalam atas kematian tragis Mantan PM Jepang, Abe Shinzo,” tulis Presiden Jokowi dikutip laman facebooknya.

Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia akan selalu mengenang kontribusi PM Shinzo Abe dalam memperkuat kerja sama Indonesia-Jepang yang selama ini terjalin dengan baik.

“Kami akan selalu mengenang kontribusi beliau dalam memperkuat kerjasama RI-Jepang. Semoga keluarga PM Abe dan masyarakat Jepang diberikan kekuatan di masa sulit ini,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami kondisi kritis akibat luka tembakan.

Melansir Reuters, PM Abe ditembak dari belakang saat tengah berpidato kampanye di luar stasiun kereta api. Menurut warga yang hadir terdengar dua tembakan terdengar yang menembus tubuh Abe. Abe lantas jatuh tersungkur dengan lumuran darah di kemeja putihnya. "Ada ledakan keras dan kemudian asap," kata pengusaha Makoto Ichikawa, yang berada di tempat kejadian, dikutip Reuters, Jumat 8 Juli 2022.

"Tembakan pertama, tidak ada yang tahu apa yang sedang terjadi, tetapi setelah tembakan kedua, apa yang tampak seperti polisi khusus menanganinya,” sambung dia.

PM Abe langsung dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi kritis. Namun naas, lima setengah jam setelahnya Abe dinyatakan meninggal duni tepatnya pada pukul 17:03 (0803 GMT).

Dokter melaporkan bahwa PM Abe mati kehabisan darah karena dua luka dalam, satu di sisi kanan lehernya.


Berita Terkait :