Presidensi G20 dan Pentingnya Kerja Sama Global Atasi Pandemi di Masa Depan

M. Isa | Kamis, 07/07/2022 21:24 WIB
Presidensi G20 dan Pentingnya Kerja Sama Global Atasi Pandemi di Masa Depan Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM – Kepala Sekretariat Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Wempi Saputra mengatakan, Presidensi G20 Indonesia menekankan pentingnya kerjasama global dalam mengatasi kondisi saat ini dan mempersiapkan potensi pandemi di masa depan.

“Kerja sama global menjadi penting mengingat fakta bahwa setiap negara memiliki kapasitas yang sangat bervariasi dalam mengatasi ancaman kesehatan,” kata Wempi dalam keterangannya, Kamis 7 Juli 2022.

Menurut Wempi, Indonesia sebagai Presiden G20 telah menetapkan tiga agenda prioritas yang salah satunya terkait dengan penguatan arsitektur kesehatan global. Agenda prioritas ini bisa tercapai lewat koordinasi antara keuangan dan kebijakan kesehatan dalam Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Respon pandemi (Prevention, Preparedness, and Response/PPR), serta penguatan sistem kesehatan dan pembiayaan global.

Wempi menerangakan bahwa pada Juni 2022 lalu, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan Indonesia menyelenggarakan 1st G20 Joint Finance and Health Ministers Meeting (JFHMM) di bawah Presiden G20 Indonesia.

“(Pertemuan itu) membahas beberapa kemajuan yang telah dicapai oleh Joint Finance and Health Task Force (JFHTF) terhadap kebijakan PPR antara lain perkembangan pembentukan Financial Intermediary Fund (FIF) dan mengembangkan rencana koordinasi antara Keuangan dan Kesehatan,” katanya.


Berita Terkait :