Menkes Budi Gunadi Apresiasi Produk Teknologi Kesehatan Poltekkes Surabaya

M. Isa | Kamis, 07/07/2022 20:07 WIB
Menkes Budi Gunadi Apresiasi Produk Teknologi Kesehatan Poltekkes Surabaya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi produk teknologi kesehatan buatan mahasiswa dan dosen Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Surabaya.

“Kompetensi yang ada di sini harus dikembangkan. Produk-produk teknologi kesehatan ini bisa menjadi produk asli dari dalam negeri, sehingga Indonesia bisa mandiri dalam hal produksi Alkes dalam negeri,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keteranganya, Kamis 7 Juli 2022.

Ada sejumlah produk teknologi kesehatan yang diperlihatkan kepada Menkes Budi Gunadi Sadikin antara lain kursi roda untuk pasien lumpuh. Kursi tersebut digerakan dengan sensor otot di kepala dan otot leher. Ada pula rancang bangun sentral baby inkubator berbasis telemedisin. Inkubator analyzer (analisis perbandingan sistem kontrol suhu PID dan FUZY pada infant warmer).

Selain itu, Poltekkes Kemenkes Surabaya juga membuat minuman herbal bernama milkshake cincau yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Dikutip laman kemenkes, produk teknologi kesehatan tersebut sudah ada yang diminati oleh perusahan dan sudah melakukan kontrak produksi. Namun ada juga produk teknologi kesehatan yang masih dalam proses pengembangan.

“Lulusan dari Poltekkes ini diharapkan bisa bersaing menciptakan inovasi-inovasi di bidang teknologi Kesehatan,” ucapnya.