Edukasi Cegah Demam Berdarah, Wamenkes Lepas Mobil `Edukasi Dengue`

M. Isa | Selasa, 05/07/2022 21:59 WIB
Edukasi Cegah Demam Berdarah, Wamenkes Lepas Mobil `Edukasi Dengue` Wamenkes Dante Saksono Harbuwono melepaskan mobil edukasi dengue (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono melepaskan mobil edukasi dengue di gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa 5 Juli 2022.

Dante Saksono menjelaskan bahwa Fungsi dari mobil edukasi dengue adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan demam berdarah. 

“Untuk tahap awal, mobil edukasi ini akan menyasar sekolah dasar, pasar, RS, dan ibu-ibu PKK di beberapa kota yaitu, Bandung, Cirebon, Yogya, dan Malang,” jelas Wamenkes Dante Saksono.

Wamenkes dr. Dante mengatakan peningkatan kasus demam berdarah ini selalu meningkat dari tahun ke tahun dan penyakit demam berdarah ini adalah penyakit endemik di daerah tropis dan subtropis. Hingga minggu ke-23 di 2022 secara kumulatif terlaporkan ada 52.313 kasus dan 488 kematian karena DBD. Data ini terlaporkan dari 451 kabupaten/kota di 34 provinsi.

“Perlu diupayakan bahwa kesadaran terhadap masyarakat untuk mencegah terjadinya demam berdarah ini menjadi salah satu yang sangat penting,” kata Dante.

Begitu juga kata Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis Ryan Tirta Yudhistira mengatakan mobil edukasi keliling ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat tentang penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Edukasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk mencegah penyebaran penyakit dengue bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah, tetapi tugas kita semua. Maka dari Enesis mewujudkannya dengan program mobil edukasi keliling,” katanya.