Kemenkes: Harmonisasi Standar Prokes Percepat Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

M. Isa | Selasa, 21/06/2022 22:22 WIB
Kemenkes: Harmonisasi Standar Prokes Percepat Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid Varian Baru (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM – Juru Bicara G20 Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, harmonisasi standar protokol kesehatan global mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Harmonisasi dilakukan melalui pendekatan berbasis risiko sambil mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti epidemiologi penyakit dan kapasitas sistem Kesehatan,” kata Nadia dalam rilisnya, Selasa 21 Juni 2022.

Menurut Nadia, beberapa aspek penting dalam harmonisasi standar protokol kesehatan tersebut meliputi aspek politik dan hukum, kapasitas dan keterjangkauan negara, masalah etika, teknis, kemampuan beradaptasi dengan situasi yang berubah cepat, dan penggunaan teknologi.

“Harmonisasi dokumen informasi terkait COVID-19 atau standar protokol kesehatan sangat penting untuk mempromosikan mobilitas global dan mempercepat pemulihan ekonomi,” katanya.

Nadia mengungkapkan, negara-negara G20 akan diundang untuk berpartisipasi dalam proyek percontohan di Global Public Trust Repository. Proyek ini membutuhkan anggota G20 untuk membagikan kunci-publik dan akan disimpan dalam platform repositori sehingga memungkinkan untuk sistem memverifikasi asal-usul sertifikat.

“Dokumen terkait COVID-19 dari warga negara di negara G20 akan dikenali melalui kode QR di sertifikat pada saat kedatangan dan keberangkatan dengan tetap melindungi privasi dan keamanan data,” tandasnya.


Berita Terkait :