Presiden Jokowi Minta Perhutanan Sosial Ditanami Tanaman Pangan

M. Isa | Rabu, 08/06/2022 18:36 WIB
Presiden Jokowi Minta Perhutanan Sosial Ditanami Tanaman Pangan Presiden Jokowi menghadiri acara syukuran hasil bumi Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial di Batang (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara syukuran hasil bumi Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial di Lapangan Omah Tani, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Rabu 8 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta jajarannya agar tidak membiarkan ada lahan perhutanan sosial yang telantar dan tidak produktif. “Jangan sampai kita biarkan ada lahan yang telantar, ada lahan yang tidak produktif, benar? Ada lahan yang tidak digunakan apa-apa dibiarkan, enggak boleh. Semuanya harus produktif,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, lahan perhutanan sosial memiliki peranan penting dalam rangka membuka usaha bagi para petani dan rakyat. Untuk itu, Presiden meminta kepada jajarannya, dalam hal ini Menteri BUMN dan Gubernur Jawa Tengah, untuk memberikan pendampingan baik terkait manajemen maupun sarana dan prasarana.

“Saya juga minta agar para petani perhutanan sosial ini juga diperhatikan sarana dan prasarananya betul? Setuju mboten? Nggih?” tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga minta kepada Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya untuk percepatan redistribusi lahan perhutanan sosial.

“Saya minta juga agar ada percepatan dalam rangka redistribusi lahan maupun juga SK-nya. Nggih setuju nggih? Bu Siti mohon didengarkan beliau-beliau ini,” tukasnya.