Presiden Jokowi Apresiasi Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2022

M. Isa | Selasa, 24/05/2022 20:57 WIB
Presiden Jokowi Apresiasi Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2022 Gerbang Tol Cikampek Utama (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Mudik Lebaran, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 24 Mei 2022.

Menurut Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi hingga mudik Lebaran tahun 2022 ini dapat berjalan dengan lancar.

“Bapak Presiden menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat, terutama mereka yang telah menjalankan mudik tahun 2022, atas kedisiplinannya, kepatuhannya terhadap ketentuan-ketentuan yang telah diberlakukan oleh pemerintah,” kata Muhadjir Effendy.

Selain itu, lanjut Muhadjir Effendy, Presiden juga menyampaikan apresiasi kepada kementerian/lembaga terkait yang telah melaksanakan tata kelola mudik dengan sangat baik, mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TNI, Polri, pemerintah daerah, hingga BUMN khususnya Pertamina, PT Jasa Marga, dan PT ASDP (Indonesia Ferry).

Muhadjir Effendy menyampaikan, ada enam indikator yang digunakan pemerintah dalam mengevaluasi pelaksanaan mudik, yaitu tata kelola lalu lintas, penanganan pandemi COVID-19, ketersediaan bahan pokok, ketersediaan bahan bakar minyak (BBM), penyaluran bantuan sosial (bansos), dan pelaksanaan vaksinasi penguat atau booster.

“Alhamdulillah dari enam indikator atau enam variabel ini semua tercapai dengan sangat memuaskan. Jadi baik dalam tata kelola lalu lintas, ketersediaan BBM dan bahan pokok, kemudian penanganan COVID-19, alhamdulillah sampai sekarang juga COVID-19 tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan, bahkan cenderung menurun, dan juga capaian dari vaksinasi, termasuk booster,” ujarnya.