Respon Arahan Presiden Jokowi, Menkes: Langkah Awal Transisi Menuju Endemi

Rahmad Novandri | Selasa, 17/05/2022 20:56 WIB
Respon Arahan Presiden Jokowi, Menkes: Langkah Awal Transisi Menuju Endemi Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto:Setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk membolehkan melepaskan masker di luar ruangan saat beraktivitas. Hal itu menyusul semakin menurunnya data kasus COVID-19 di Indonesia. 

Merespon pesan Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kebijakan tersebut merupakan langkah awal transisi pandemi menuju endemi. 

“Apa yang sudah dilakukan oleh bapak presiden adalah salah satu langkah untuk kita mulai secara bertahap bertransisi dari pandemi menjadi endemi,” kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa, 17 Mei 2022.

Dijelaskannya, kebijakan pelonggaran ini didasarkan kondisi pandemi COVID-19 yang terus membaik. Salah satunya yakni jumlah kasis positif COVID-19 yang terus menurun dan tidak ada lonjakan yang signifikan.

Selain itu, dia juga melihat bahwa antibodi yang dimiliki masyarakat di Indonesia dan India sudah cukup baik dalam ‘melawan’ varian baru yang ada di sejumlah negara. “Antibodi ini bisa berasal dari vaksinasi yang diberikan oleh pemerintah atau juga bisa berasal dari infeksi yang diberikan oleh Yang Kuasa karena kita terkena (COVID-19),” tukasnya. 


Berita Terkait :