Pertamina: Kebutuhan BBM Arus Balik Lebaran Naik Signifikan

M. Isa | Selasa, 10/05/2022 18:23 WIB
Pertamina: Kebutuhan BBM Arus Balik Lebaran Naik Signifikan Gerbang Tol Cikampek Utama (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Kebutuhan konsumsi Bahan Bakar Minyak pemudik mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dimana pada puncak arus mudik di H-2 konsumsi BBM meningkat hingga 41% dibandingkan kondisi normal.

“Jauh lebih tinggi dari estimasi awal yang rata-rata pada masa mudik meningkat 11%,” kata Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Alfian Nasution dalam rilisnya, Selasa 10 Mei 2022.

Alfian Nasution mengatakan, berdasarkan catatan Jasa Marga, pada Sabtu (7/5/2022) lalu merupakan rekor arus balik tertinggi ‘sepanjang sejarah jalan tol di Indonesia’ dimana lebih dari 170 ribu kendaraan bergerak dari timur menuju Jabodetabek melalui Tol, naik 2.2% dibandingkan tahun 2019 atau 159% dibandingkan tahun 2021.

“Pada arus balik, Pertamina berhasil memenuhi kebutuhan BBM pemudik yang meningkat hingga +29% pada puncaknya, angkanya terlihat lebih rendah karena sebaran pemudik arus balik yang lebih fleksibel,” katanya.

Menurutnya, seluruh pemudik Pertamina layani dengan maksimal bahkan pihaknya terus monitor agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM.

“Tren konsumsi BBM pemudik juga dapat terlihat selama periode H+3 hingga H+6 arus balik. Untuk wilayah dengan peningkatan konsumsi tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes, dengan peningkatan konsumsi mencapai 813 Kilo Liter (KL) per hari atau meningkat 120% dibandingkan rerata normal yang hanya 368 KL/hari,” jelasnya.

Sementara itu, Wilayah dengan konsumsi tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Kebumen, 678 KL/hari atau naik 119% dibandingkan kondisi normal yakni 309 KL/hari, dan Kabupaten Tegal 743 KL/hari atau naik 102% dibandingkan kondisi normal diangka 366 KL/hari.


Berita Terkait :