Polri Siapkan 400 Bus Mudik Gratis Antisipasi Macet Jelang Lebaran

Rahmad Novandri | Senin, 25/04/2022 19:06 WIB
Polri Siapkan 400 Bus Mudik Gratis Antisipasi Macet Jelang Lebaran Mudik gratis. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyiapkan 400 bus untuk mudik gratis. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa akan ada sekitar 20 ribu kursi yang disediakan.

"Ini juga bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan kurang lebih ada 400 bus yang disiapkan, kurang-lebih 20 ribu kursi yang kita siapkan, silakan jika memang ini bisa digunakan," kata Sigit di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 25 April 2022.

Adapun mudik gratis tersebut akan dilakukan pada 27,28, dan 29 April 2022. Disampaikannya, program ini menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi kemacetan.

"Kita juga akan laksanakan mudik gratis bersama dengan rekan-rekan mahasiswa, nanti di tanggal 27,28,29 di Gelora Bung Karno," ujarnya.

Menurut Sigit, mudik gratis juga untuk mengurangi beban arus mudik. "Ini juga untuk mengatur beban arus mudik bisa dikurangi. Terima kasih atas inisiatif kerja sama kita selama ini," tuturnya dilansir dari detik.com.

Sigit juga mengimbau masyarakat dalam melaksanakan mudik tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes). Ia berharap dengan kegiatan mudik ini maka laju COVID-19 tidak mengalami lonjakan. "Kalau ini tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan kemacetan luar biasa, di sisi lain jika kita tidak menjaga prokes, maka pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya laju COVID akan kembali meningkat, sehingga tentunya ini yang harus selalu kita ingatkan untuk tetap jaga prokes," tandasnya.