Mudik Lebaran, Kapolri Sarankan Masyarakat Gunakan Jalur Pantura-Pansel

Rahmad Novandri | Jum'at, 22/04/2022 21:45 WIB
Mudik Lebaran, Kapolri Sarankan Masyarakat Gunakan Jalur Pantura-Pansel Jalan Tol Trans Jawa. (Foto: radioidolacom)

RADARBANGSA.COM - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan sejumlah strategi dari pihak kepolisian dalam mengurai kemacetan pada mudik lebaran 2022 di jalan tol. Salah satunya, jalur pantura dan selatan Pulau Jawa yang kondisinya baik dan siap digunakan para pemudik.

"Pemerintah dalam ini polisi dan seluruh stakeholder akan menerapkan berbagai strategi mulai dari untuk mengatur atau merekayasa dalam bentuk one way, pemasangan contraflow," kata Jenderal Listyo Sigit dilansir dari detik.com, Jumat, 22 April 2022.

Disampaikannya, jalur Pantura dan jalur selatan sudah dalam keadaan baik dan siap digunakan sebagai pilihan alternatif untuk mudik ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. "Juga mempersiapkan jalur-jalur alternatif yang tentunya dapat digunakan untuk jadi pilihan mudik, jalur alternatif yaitu jalur pantura dan jalur selatan yang sekarang dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan sebagai pilihan alternatif jalur mudik," terangnya.

Selain menyiapkan jalur alternatif, Pihak kepolisian juga akan memberlakukan ganjil-genap di jalur tol. Sebab, diprediksi akan ada 24 juta kendaraan pribadi yang akan melewati jalur tol untuk mudik lebaran tahun ini.

"Pengaturan ganjil-genap juga akan kita berlakukan sehingga kepadatan di jalur tol bisa dihindari," ucapnya.

Listyo juga menyampaikan agar masyarakat menggunakan moda transportasi alternatif untuk perjalanan mudik. Karena, banyak instansi pemerintah yang menyediakan mudik gratis sehingga dapat meminimalisir kepadatan di jalan tol.

"Kemudian pemerintah dan instansi swasta juga menyelenggarakan mudik gratis bareng, jadi ini pun bisa dimanfaatkan mengurangi beban agar jalan tol bisa dikurangi," tuturnya.


Berita Terkait :