Komisi VI DPR Pastikan Kesiapan BUMN Sambut Idul Fitri

Rahmad Novandri | Kamis, 21/04/2022 18:44 WIB
Komisi VI DPR Pastikan Kesiapan BUMN Sambut Idul Fitri Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Sarmuji menyampaikan bahwa Komisi VI DPR memastikan kesiapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pelayanan kepada masyarakat saat lebaran. Adapun sejumlah BUMN yang perlu dipastikan kesiapannya antara lain: PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pelayaran Nasional Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, PT Jasa Marga, PT Rajawali Nusantara Indonesia/ID Food, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Perusahaan Gas Negara, PT Perusahaan Listrik Negara, dan PT Pertamina Patra Niaga.

“Kami ingin memastikan masyarakat terlayani dengan baik pada saat Lebaran. Di mana pada saat Lebaran ada ritual yang sangat besar, yaitu orang mudik dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu yang bersamaan. Apalagi diperkirakan mudik pada tahun 2022 adalah mudik yang luar biasa besar sebab sudah dua tahun masyarakat tidak bisa mudik, karena itu butuh persiapan yang sangat besar,” kata Sarmuji dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 21 April 2022.

Diungkapkannya, yang menjadi fokus BUMN untuk persiapan hari Raya Idulfitri di tahun 2022 ini adalah pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui ketersediaan sarana, prasarana, infrastruktur, dan kebutuhan masyarakat lainnya. Sebagaimana diketahui, arus mudik lebaran tahun 2022 akan dimulai sejak tanggal 22 April 2022 (H-10) sampai arus balik yakni diperkirakan sampai 10 Mei 2022 (H+7).

“Misalnya di Pertamina, seperti kemarin ada masalah kelangkaan solar, jangan sampai pada saat dibutuhkan ada LPG yang tidak tersedia. Begitu pula untuk PT. KAI, kalau bisa jangan ada lagi masyarakat yang menumpuk untuk membeli tiket karena sekarang pembelian tiket sudah bisa dilakukan melalui sistem online,” papar olitisi Partai Golkar itu.

Ia juga meminta kesiapan dari sisi infrastruktur di jalan tol. Sarmuji meminta agar PT Jasa Marga memperhatikan secara detail, bahkan hingga kebersihan toilet.

“Jangan sampai masyarakat enggan menggunakan toilet di rest area. Sampai sekecil itu kami cek agar masyarakat benar-benar terlayani dengan baik,” tukasnya.

Sarmuji berharap agar masyarakat dapat melakukan kegiatan mudik Lebaran di tahun 2022 ini dengan lancar dan bahagia. Oleh karena itu, pelayanan transportasi mudik, rantai pasokan kebutuhan lebaran, pasokan energi kebutuhan transportasi, keperluan rumah tangga, dan keperluan masyarakat selama menjalankan ibadah puasa serta keperluan Idulfitri dan libur Lebaran 2022 ini dapat dipersiapkan secara optimal oleh BUMN terkait.