Buka Pekan Tilawatil Quran RRI di Takengon Aceh, ini Pesan Wapres

Rahmad Novandri | Rabu, 13/04/2022 23:10 WIB
Buka Pekan Tilawatil Quran RRI di Takengon Aceh, ini Pesan Wapres Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin membuka secara resmi Pekan Tilawatil Quran ke-52 RRI Tingkat Nasional di Takengon, Aceh, Rabu (13/4). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin resmi membuka Pekan Tilawatil Qur`an ke-52 Radio Republik Indonesia (RRI) Tingkat Nasional di Takengon, Aceh, Rabu, 13 April 2022. Dalam sambutannya, Kiai Maruf berpesan pada generasi pecinta Alquran untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan memberikan teladan bagi masyarakat.

“Generasi pecinta Al Quran harus dapat memberikan kontribusi bagi bangsa dan menghadirkan teladan yang baik, bagi masyarakat sesuai dengan pesan-pesan luhur Alquran, termasuk menjaga persaudaraan dan persatuan," kata Kiai Maruf dilansir dari antaranews.

Disampaikannya, dengan pengamalan nilai-nilai baik dalam Alquran secara konsisten, maka perbuatan tidak baik dapat dihindarkan. Sebab, nilai-nilai dalam Alquran sudah menjadi benteng pertahanan yang tertanam dalam diri setiap individu.

“Oleh sebab itu, jika sudah memahami Alquran dengan benar dan konsisten mengamalkannya, maka tidak ada lagi praktik adu domba, memproduksi dan menyebarkan berita bohong, ujaran kebencian, maupun praktik tidak baik lainnya, karena hal tersebut dilarang Alquran,” tukas Wapres.

Kemudian dari sisi ilmu pengetahuan, tambahnya, di dalam Alquran juga terdapat tuntunan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, salah satunya ilmu ekonomi. “Alquran juga mengandung ajaran tentang prinsip-prinsip ekonomi, antara lain nilai-nilai kejujuran, pemerataan, keadilan, larangan berbuat zalim, ribawi, mengambil hak orang lain secara tidak sah, dan lain-lain,” tuturnya.

Wapres berharap agar kegiatan PTQ RRI ke-52 Tahun 2022 dapat menjadi penyemangat bagi seluruh umat muslim untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai luhur Alquran. Sehingga, seluruh perubahan dan tantangan zaman dapat dihadapi dengan baik serta memiliki benteng yang kuat.