Wapres Maruf Amin Sebut Keindahan Jam Gadang Inspirasi Hasilkan Produk Unggulan

Rahmad Novandri | Selasa, 12/04/2022 22:28 WIB
Wapres Maruf Amin Sebut Keindahan Jam Gadang Inspirasi Hasilkan Produk Unggulan KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengatakan bahwa Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak, khususnya masyarakat Sumbar untuk menghasilkan produk-produk unggulan yang mampu bersaing di pasar global. Hal itu disampaikan Kiai Maruf saat meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Bukittinggi, Selasa, 12 April 2022.

"Sore ini di pelataran Jam Gadang yang bersejarah, kita bersama-sama menegakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Saya harap keindahan Jam Gadang ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, bahwa kita mampu menghasilkan produk-produk unggulan yang siap bersaing di pasar global," ujar Kiai Maruf dilansir dari antaranews.

Diungkapkannya, tidak ada alasan untuk tidak bangga pada produk-produk buatan sendiri, contohnya Jam Gadang. Wapres mengatakan sejak dulu Sumatera Barat dikenal sebagai sentra UMKM. Melalui Gernas BBI yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 2020, lanjutnya, pemerintah ingin semakin membangkitkan gairah masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk-produk lokal.

"Kita terus berupaya agar produk dalam negeri terutama produk UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri mengalahkan konsumsi produk impor. Saya harap memang UMKM ini tidak terkena penyakit stunting, artinya kerdil terus, sehingga perlu kita dorong," tuturnya.

Kiai Maruf juga mengapresiasi upaya pemerintah Sumbar yang terus memperluas jaringan internet hingga pedesaan, yang dapat mendorong transformasi digital UMKM di seluruh Sumbar. Dengan perluasan jaringan internet, kata Wapres, bisnis UMKM bisa mendunia.