Fasilitasi UKM Go International, Pemerintah Luncurkan InaExport

M. Isa | Selasa, 12/04/2022 21:04 WIB
Fasilitasi UKM Go International, Pemerintah Luncurkan InaExport Wamendag Jerry Sambuaga (foto: kemendaggoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) meluncurkan platform pelayanan satu pintu, InaExport untuk memfasilitasi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) ekspor.

“Kementerian Perdagangan mengembangkan InaExport dengan tujuan menjadikannya sebagai platform pelayanan satu pintu (one stop service) fasilitasi ekspor non migas untuk menghubungkan dan mempromosikan pelaku usaha atau eksportir Indonesia ke buyer internasional,” kata Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga dalam rilisnya, Selasa 12 April 2022.

Menurut Wamendag Jerry Sambuaga, InaExport menawarkan keuntungan yang tidak hanya membantu penjualan, tapi juga pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk siap menghadapai pasar global.

“Bersama dengan seluruh perwakilan perdagangan di luar negeri danjaringan buyer, InaExport bertujuan mendukung kesinambungan bagi pertumbuhan bisnis dalam keadaan yang nyaman bagi kedua belah pihak,” tambahnya.

Wamendag menambahkan, normal baru (new normal) menjadi momentum yang mengakselerasi ekonomi digital di Indonesia dan telah menunjukkan potensi yang cukup besar. Konsumen digital meningkat dari sebelum pandemi 69,5 persen menjadi 79,7persen pada 2021.

“Kontribusi ekonomi digital pada 2021 mencapai Rp632 triliun atau 4 persen dari pendapatandomestik bruto Indonesia. Meski angkanya relatif kecil, pertumbuhannya sangat cepat,” tandasnya.


Berita Terkait :