Ketua DPR RI Minta Harga Pangan Stabil Sebelum Ramadan

Rahmad Novandri | Selasa, 29/03/2022 21:51 WIB
Ketua DPR RI Minta Harga Pangan Stabil Sebelum Ramadan Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menekankan pentingnya menstabilkan harga-harga pangan yang sudah mengalami peningkatan jelang bulan ramadan dan lebaran mendatang. Untuk itu, ia mengingatkan agar para pemangku kebijakan untuk memastikan agar stok pangan di pasar tersedia sehingga tidak terjadi lonjakan harga.

“Kita ketahui kenaikan harga pangan sudah terjadi sejak beberapa waktu terakhir. Pemerintah harus bisa menstabilkan harga-harga pangan sebelum bulan Ramadan,” kata Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 29 Maret 2022.

Terkait persoalan minyak goreng, Puan menyoroti agar pemerintah lebih konsisten menerapkan kebijakan agar tidak membebani masyarakat. “Meski saat ini stok minyak goreng tidak lagi langka, tapi persoalan harga yang tinggi masih membebani masyarakat. Kami harap pemerintah lebih konsisten menerapkan kebijakan agar tidak menimbulkan ketidakpastian pasar,” ujarnya.

Puan mengingatkan pemerintah untuk memastikan stok barang kebutuhan pokok, khususnya komoditas-komoditas pangan strategis, tersedia di pasaran. Dengan pasokan yang cukup, lanjut Puan, keamanan harga pun akan lebih terjamin.

“Harus ada pengecekan dan monitoring berkala antara kementerian-kementerian terkait bekerja sama dengan Satgas Pangan Polri untuk menjaga keseimbangan antara ketersediaan dan permintaan bahan pokok jelang bulan suci Ramadan,” tutur Politisi PDI Perjuangan ini.

Puan menekankan optimalisasi sinergi dan kerja sama antara semua pemangku kepentingan dalam upaya mengamankan pasokan dan harga pangan jelang Ramadan dan Idul Fitri. Ia mengatakan, DPR RI juga akan terus mengawal persoalan ini.

“Baik itu dari sisi kebijakan maupun pengawasan di lapangan. Negara harus bisa menstabilkan stok dan harga pangan, apalagi daya beli masyarakat saat ini belum sepenuhnya pulih akibat pandemi COVID-19, khususnya kelompok renta,” tukasnya.