Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Luar Jawa-Bali Hingga 14 April 2022

Rahmad Novandri | Selasa, 29/03/2022 16:06 WIB
Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Luar Jawa-Bali Hingga 14 April 2022 Ilustrasi PPKM. (Foto: pasuruankabgoid)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali mulai 29 Maret hingga 14 April 2022. Keputusan perpanjangan kebijakan PPKM luat Jawa-Bali disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Selasa, 29 Maret 2022.

"Kriteria Penerapan Level PPKM di luar Jawa-Bali adalah berdasarkan Level Situasi Pandemi COVID-19, yaitu transmisi komunitas seperti jumlah kasus, kematian, dan rawat inap, serta kapasitas respon mulai dari testing, tracing, hingga treatment,” kata Airlangga dalam keterangan resmi di Jakarta.

Disampaikannya, indikator tingkat vaksinasi dosis kedua yakni minimal 45 persen dan vaksinasi dosis pertama minimal 60 persen menentukan level PPKM di luar Jawa-Bali.

"Kabupaten atau kota yang tidak memenuhi ambang batas akan dinaikkan satu level PPKM-nya, dengan pengecualian bagi kabupaten atau kota dengan jumlah penduduk kurang dari 200 ribu orang dan kasus konfirmasi kurang dari 2 kasus per 100 ribu penduduk," tuturnya.

Berdasarkan kriteria tersebut, papar Airlangga, sebanyak 26 kabupaten kota di luar Jawa dan Bali menerapkan PPKM level 1, 250 kabupaten kota menerapkan PPKM level 2, dan tersisa 109 kabupaten kota yang menerapkan PPKM level 3. Selain itu, kegiatan ibadah Ramadhan seperti salat tarawih dan tadarus juga diperbolehkan dilakukan di Masjid, sebagaimana arahan dan hasil rapat terbatas evaluasi PPKM minggu lalu.

Untuk itu, Airlangga meminta kepada kepala daerah agar mengantisipasi potensi penyebaran COVID-19 meningkatkan cakupan dua dosis vaksinasi ditambah booster terutama bagi lansia, menjelaskan kepada masyarakat bahwa vaksinasi selama Ramadhan tidak membatalkan puasa sebagaimana Fatwa MUI, dan menegakkan protokol kesehatan di tempat-tempat ibadah.

Ia juga meminta ketentuan wajib vaksinasi booster dan antigen bagi orang yang akan mudik lebaran ditegakkan, serta fasilitas kesehatan diminta bersiap untuk mengantisipasi potensi kenaikan kasus positif COVID-19 pasca Ramadhan dan Idul Fitri.


Berita Terkait :