Sembilan Terobosan Besar Kemnaker Hadapi Tantangan Dunia Ketenagakerjaan

M. Isa | Rabu, 23/03/2022 23:01 WIB
Sembilan Terobosan Besar Kemnaker Hadapi Tantangan Dunia Ketenagakerjaan Menaker Ida saat mendampingi Wakil Presiden, KH Maruf Amin saat meninjau Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lembang, Bandung (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan seiring dengan meningkatnya kompleksitas tantangan di bidang ketenagakerjaan, diperlukan cara pandang yang holistik bahkan radikal untuk memotret keseluruhan akar masalah agar dapat diurai, dianalisis, dan dibenahi secara fundamental.

“(Kementerian Ketenagakerjaan) telah mengambil sembilan lompatan terobosan sebagai upaya mengurai kompleksitas ini,” kata Menaker Ida saat mendampingi Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin saat meninjau Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu 23 Maret 2022.

Menurut Menaker Ida, sembilan lompatan tersebut adalah transformasi balai latihan kerja, link and match ketenagakerjaan, transformasi program perluasan kesempatan kerja, pengembangan talenta muda, perluasan pasar kerja luar negeri, visi baru hubungan industrial, reformasi pengawasan ketenagakerjaan, pengembangan ekosistem digital ketenagakerjaan, dan reformasi birokrasi.

Sementara itu, Wapres KH Ma’ruf Amin mengatakan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul dan tenaga kerja terampil bersinggungan erat dengan dunia pendidikan dan pelatihan, di mana Balai Latihan Kerja (BLK) atau BPVP memegang peran penting di dalam pelaksanaannya.

“Kualitas pendidikan yang baik akan menghasilkan SDM yang berpandangan maju dan produktif, sehingga akan dapat meningkatkan taraf hidupnya. Sedangkan pelatihan vokasi merupakan bentuk pendidikan yang implementatif dan tidak kalah penting bagi dunia kerja,” imbuhnya.

Melalui program vokasi yang diselenggarakan BLK, Wapres optimistis akan dicetak tenaga kerja dengan keterampilan praktis dan siap kerja di berbagai industri.

“Keberhasilan pelatihan vokasi di BLK akan turut memberikan efek yang positif terhadap penurunan angka pengangguran, maupun kemajuan berbagai industri,” ujarnya.

 

 

 


Berita Terkait :