Keren! Trofi MotoGP Mandalika Dibuat oleh Pelaku Ekonomi Kreatif Bali

M. Isa | Senin, 21/03/2022 20:12 WIB
Keren! Trofi MotoGP Mandalika Dibuat oleh Pelaku Ekonomi Kreatif Bali

RADARBANGSA.COM - Ajang balap motor internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Mandalika) 2022 telah selesai digelar pada 18-20 Maret kemarin. Pada kelas MotoGP, Miguel Oliveira dari Red Bull KTM Factory Racing keluar sebagai pemerang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan langsung trofi kepada para pemenang. Trofi ini dibuat oleh pelaku ekonomi kreatif dari Bali yakni Tuksedo Studio, Gianyar.

Tuksedo Studio dipercaya oleh Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC untuk merancang dan melakukan produksi piala Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Mandalika 2022).

Dijelaskan oleh pihak Tuksedo Studio, desain trofi tersebut terinspirasi dari ‘obor’ yang melambangkan menyalanya api kompetisi balap yang panas. Api itu sendiri juga selanjutnya menjadi simbol inspirasi dari bangkitnya perekonomian Indonesia.

Trofi tersebut sebagai bukti bahwa Indonesia tidak hanya mampu mengadakan event berskala internasional hanya sekali dua kali, tapi juga sebagai negara yang memiliki kemampuan artistik dan produksi tahap dunia secara terus menerus.

“Terutama pada sektor pariwisata yang terdampak oleh pandemi dengan harapan besar agar kita dapat sama-sama menjaga sehingga api dari ‘obor’ ini tidak pernah padam,” kata Tuksedo Studio dalam keterangan tertulisnya, Minggu 20 Maret 2022.

Material bahan dasar alumunium yang ringan dan memiliki kekuatan yang tepat untuk menopang kecepatan dipilih Tuksedo Studio untuk melambangkan ajang balap yang pemenangnya ditentukan oleh kecepatan pengendara serta performa kendaraan.

“Ini merupakan sebuah bukti jika Indonesia tidak hanya mampu dalam mengadakan sebuah ajang berskala dunia namun juga fakta bahwa para seniman dan pekerja lokal memiliki kapasitas yang mumpuni untuk merancang dan membuat langsung dengan tangan sendiri sebuah karya seni berkelas dunia,” tambahnya.

 

 

 


Berita Terkait :