Legislator PKB Apresiasi Keunikan Parade MotoGP Jakarta

M. Isa | Kamis, 17/03/2022 15:55 WIB
Legislator PKB Apresiasi Keunikan Parade MotoGP Jakarta Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 16 Maret 2022. Para pembalap ini akan berlomba di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret mendatang.

Kedatangan para pembalap diawali dengan memarkir motor masing-masing di Jalan Medan Merdeka Utara. Setelah itu, para pembalap tampak memasuki beranda Istana Merdeka, Jakarta dengan mengenakan pakaian balap (racing suit) didampingi oleh CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dan Managing Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta.

Usai pertemuan, para pembalap melakukan parade dari Kawasan Istana Merdeka hingga Bundaran Hotel Indonesia. Parade para pembalap ini dilepas langsung oleh Presiden Jokowi yang didampingi Bambang Soesanto, Erick Thohir dan pejabat lainnya.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menilai parade MotoGP tersebut merupakan hal unik yang hanya terjadi di Indonesia. Sebab, di negara lain yang menyelenggarakan MotoGP, tidak ada parade serupa. Parade MotoGP itu dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Ini Indonesia memang selalu punya agenda yang unik, di mana-mana parade motor itu enggak ada, parade MotoGP, tapi bisa terlaksana di Indonesia," kata Huda dalam rapat kerja Komisi X DPR RI bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Menurut Huda, parade MotoGP merupakan bukti bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat besar bagi MotoGP di mana ada ratusan juta orang Indonesia yang menggemari motor.

Huda pun bersyukur akhirnya MotoGP dapat terlaksana di Indonesia. Kendati sebelumnya ada tarik menarik dengan Dorna Sports. Bahkan antusias masyarakat cukup besar dengan penyelenggaraan MotoGP.

"Tadi Pak Presiden menyampaikan hampir ada 100 berapa juta penduduk Indonesia, terutama anak-anak muda penggemar motor dan artinya pasti menjadi fans berat bagi seluruh pembalap MotoGP yang ada di Indonesia," lanjut Huda.

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai, penyelenggaraan MotoGP Mandalika pada pekan ini mesti menjadi momentum untuk melahirkan kembali pariwisata Indonesia yang sempat terdampak pandemi. "Semangatnya supaya Mandalika MotoGP betul-betul menjadi momentum untuk reborn pariwisata kita dan sekaligus reborn untuk ekonomi kreatif yang berupa pelibatan penuh seluruh pelaku industri kreatif," ujar Huda.

Huda berharap, ke depannya Indonesia menjadi tuan rumah banyak ajang olahraga internasional yang bisa mendatangkan turis sebanyak-banyaknya. Diketahui, dalam parade tersebut, para pebalap mengendarai sepeda motor yang juga akan mereka tunggangi dalam ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada akhir pekan nanti. Beberapa pembalap yang mengikuti parade diantaranya Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami. 

 


Berita Terkait :