Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Pemerintah Beri Bantuan Tunai PKL dan Nelayan

M. Isa | Senin, 14/03/2022 18:32 WIB
Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Pemerintah Beri Bantuan Tunai PKL dan Nelayan Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Perekonomian). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus mendorong pemulihan ekonomi nasional dari dampak Pandemi Covid-19. Salah satunya adalah dengan Program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW).

“Bantuan ini diharapkan dapat menggerakkan kembali ekonomi masyarakat tingkat bawah untuk menjaga daya beli, keberlangsungan usaha dan penghidupan masyarakat yang menjalankan usaha mikro, terutama PKL dan pemilik warung,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Manggarai Barat, NTT, Senin 14 Maret 2022.

Airlangga menjelaskan, pada tahun 2022, Pemerintah melanjutkan program BT-PKLW dengan tambahan nelayan sebagai penerima manfaat.

“Khusus untuk nelayan, ini adalah program pertama di tahun 2022 yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan ekstrem di Indonesia,” jelas Airlangga.

Airlangga menuturkan bahwa BT-PKLWN 2022 ini secara spesifik menyasar 212 kabupaten dan kota yang masuk dalam Roadmap Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem 0% di tahun 2024.

“Besaran BT-PKLWN adalah Rp600.000/orang untuk 2,76 juta penerima yaitu untuk 1 juta PKLW dan 1,76 juta Nelayan. Khusus untuk nelayan kriterianya adalah mereka pelaku usaha kelautan dan perikanan yang merupakan nelayan buruh, nelayan penangkap ikan tanpa kapal, atau nelayan pemilik kapal kurang dari 5 GT (gross tonase),” tuturnya.


Berita Terkait :