Kunjungi Titik Nol IKN, Presiden Jokowi Gelar Penyatuan Tanah dan Air Nusantara

M. Isa | Senin, 14/03/2022 14:32 WIB
Kunjungi Titik Nol IKN, Presiden Jokowi Gelar Penyatuan Tanah dan Air Nusantara Presiden Jokowi berada di titik Nol IKN (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022.

Di lokasi tersebut, digelar prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara. Tanah dan air yang dibawa oleh gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia diberikan kepada Presiden untuk kemudian dituangkan dan disatukan ke dalam sebuah gentong.

“Pada hari ini, Senin, 14 Maret tahun 2022, kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai, yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara. Saya hadir di sini bersama-sama dengan 34 gubernur dari 34 provinsi di seluruh tanah air, bersama-sama dengan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu juga, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para Gubernur se Indonesia yang telah membawa tanah dan air dari daerahnya. Menurutnya, ini merupakan sebagai bentuk dari kebhinekaan dan persatuan dari masyarakat Indonesia.

“Ini merupakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini. Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud,” ujarnya.