Hadapi Tantangan Zaman, Presiden Jokowi: Universitas Harus Mampu Adaptasi

M. Isa | Jum'at, 11/03/2022 19:28 WIB
Hadapi Tantangan Zaman, Presiden Jokowi: Universitas Harus Mampu Adaptasi Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh organisasi, termasuk di bidang pendidikan, harus melakukan adaptasi terhadap perkembangan zaman.

“Dunia berubah begitu sangat cepatnya, ilmu pengetahuan juga berkembang sangat cepat sekali. Seluruh organisasi, termasuk lembaga pendidikan tinggi, termasuk universitas harus lincah, harus cepat belajar dengan perubahan-perubahan yang ada,” ujar Presiden Jokowi di UNS, Solo, Jumat 11 Maret 2022.

Menurut Presiden Jokowi,  ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat harus diikuti dengan program pendidikan yang dinamis dan cepat, serta riset yang sesuai dengan tantangan zaman.

“Pemerintah terus berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di dalam rangka mengejar momentum bonus demografi yang diperkirakan terjadi pada tahun 2030-2035,” ungkapnya.

“Semua sekarang ini kejar-kejaran, semua negara ke sini. Digital talent ini penting, AI (artificial intelligence), cloud computing, digital design, digital marketing, blockchains, semuanya. Barang ini apa harus kita miliki SDM-SDM itu,” katanya.