Tinjau Kampung Jeruk, Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Infrastruktur Jalan

Rahmad Novandri | Jum'at, 04/02/2022 16:56 WIB
Tinjau Kampung Jeruk, Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Infrastruktur Jalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kawasan penghasil Jeruk di Kampung Jeruk, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat (4/2). (Foto: twitter @jokowi)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kebutuhan infrastruktur jalan yang baik begitu penting menunjang kegiatan produksi di suatu daerah. Hal tersebut disampaikannya usai meninjau kegiatan penanganan jalan Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang merupakan akses menuju kawasan penghasil jeruk, yakni Kampung Jeruk, Jumat, 4 Februari 2022.

“Setelah melihat di lapangan yang namanya kebutuhan jalan yang baik itu sangat sangat diperlukan karena menyangkut nanti struktur biaya dari yang namanya jeruk ini. Jangan sampai nanti harga jeruk di sini lima ribu, ongkos kirimnya delapan ribu. Ga sambung nanti,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

Diharapkannya, kegiatan penanganan Jalan Liang Melas Datas, Kabupaten Karo dapat membantu meringankan biaya logistik produksi jeruk di daerah tersebut. Sehingga, lanjutnya, harga jeruk dari Kampung Jeruk ini dapat bersaing dengan jeruk impor.

“Kita harapkan dengan adanya perbaikan jalan produksi ini, struktur biaya menjadi terutama untuk ongkos logistik, biaya logistik menjadi jatuh, akhirnya jeruknya bisa dikirim ke semua kota dengan harga yang kompetitif, tidak kalah dengan jeruk-jeruk impor,” tuturnya.

Selain menurunkan biaya logistik, perbaikan jalan produksi juga dinilai akan meningkatkan keuntungan bagi para petani. Oleh karena itu, pemerintah akan terus berupaya memperbaiki jalan-jalan produksi sehingga harga komoditas dalam negeri menjadi lebih kompetitif.