Komisi V DPR Harap PUPR Prioritaskan Bahan Baku Infrastruktur Dalam Negeri

Rahmad Novandri | Rabu, 26/01/2022 15:36 WIB
Komisi V DPR Harap PUPR Prioritaskan Bahan Baku Infrastruktur Dalam Negeri Ketua Komisi V DPR RI Lasarus (foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Komisi V DPR RI terus mendorong pembangunan infrastruktur Indonesia menggunakan bahan baku dalam negri. Hal itu disampaikan Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus dalam rapat kerja dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa, 25 Januari 2022.

Menurutnya, Komisi V mendorong PUPR lebih mengutamakan bahan baku yang diproduksi oleh industri dalam negeri dibandingkan bahan baku impor dalam setiap pembangunan infrastruktur nasional. Lasarus menyampaikan, prioritas bahan baku dalam negeri tersebut memiliki multiplier effect yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Komisi V DPR RI terus mendorong Kementerian PUPR memprioritaskan penggunaan bahan baku produksi dalam negeri. Mengingat, hal ini memiliki multiplier effect yang sangat besar terhadap perekonomian nasional. Jikalau industri dalam negeri diutamakan pasti akan semakin memperluas lapangan kerja, memperkuat daya dukung dan memperkuat daya saing serta meningkatkan ketahanan ekonomi nasional,” ujar Lasarus.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel yang turut hadir dalam rapat kerja tersebut berpesan agar PUPR memprioritaskan penggunaan produksi bahan baku dalam negeri di berbagai program kerja Kementerian PUPR tahun 2022 saat ini khususnya pada momen pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru. Tujuannya, jelas Gobel, hal tersebut sebagai upaya penguatan industri dalam negeri.

“Saya menyarankan Menteri PUPR untuk memprioritaskan penggunaan produksi bahan baku infrastruktur dalam negeri, khususnya dalam pembangunan IKN baru. Karena, saat ini merupakan momentum untuk mendorong investasi dalam negeri serta memperkuat industri nasional. Jangan sampai akhirnya dalam pembangunan nasional justru menggunakan produk-produk impor,” tuturnya.