Wapres Maruf Amin Tegaskan Label Halal Penting Jamin Produk Sesuai Syariat

Rahmad Novandri | Selasa, 25/01/2022 16:10 WIB
Wapres Maruf Amin Tegaskan Label Halal Penting Jamin Produk Sesuai Syariat KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyampaikan bahwa pemberian label halal terhadap produk-produk menjadi penting. Hal itu karena label halal menjamin barang tersebut memiliki mutu dan aman untuk dikonsumsi sesuai dengan syariat Islam.

"Label halal penting untuk memberi keyakinan bahwa mutu produk terjamin aman dan sesuai dengan syariat, halalan thoyyiban, sekaligus memberi nilai tambah daya saing produk," kata Kiai Maruf seperti dilansir dari antaranews, Selasa, 25 Januari 2022.

Dijelaskannya, kesadaran masyarakat saat ini juga semakin meningkat untuk menggunakan produk-produk berlabel halal. Bahkan, lanjutnya, label halal tersebut telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini.

"Kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi produk halal semakin meningkat, bahkan telah menjadi bagian dari gaya hidup," tuturnya.

Lebih lanjut, Wapres juga mengapresiasi peran Lembaga Pengkajian Pangan, Obat dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) dalam menyelenggarakan program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati), yang mencetak 644 Usaha Mikro Kecil (UMK) memiliki sertifikat halal. Kiai Maruf juga mendukung upaya yang dilakukan LPPOM-MUI dalam mempercepat pelaksanaan sertifikasi halal di kondisi krisis pandemi COVID-19, melalui sistem Modified OnSite Audit (MOSA).

"Ini merupakan layanan sertifikasi halal daring, khususnya bagi produk-produk yang bersifat sederhana dan tidak memiliki tingkat kritis halal tinggi," tukasnya.