Kemendag dan Astra Lepas Ekspor Produk Olahan Sorgum ke Timor Leste

M. Isa | Senin, 24/01/2022 22:34 WIB
Kemendag dan Astra Lepas Ekspor Produk Olahan Sorgum ke Timor Leste Sorgum (foto: sdsinstitute.org)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama PT. Astra International Tbk melepas ekspor sepuluh jenis produk olahan sorgum bernilai Rp700 juta ke Timor Leste dan Malaysia di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu, 22 Januari 2022 lalu.

"Produk-produk yang diekspor kali ini diproduksi CV. Yant Sorghum yang membina petani sorgum di Desa Sejahtera Astra (DSA) Lombok, NTB," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Didi Sumedi dalam rilisnya, Senin 24 Januari 2022.

Untuk diketahui, produk olahan sorgum yang dilepas ekspornya adalah keripik tempe sorgum, roll sorgum, puff sorgum, keciput sorgum, stik bawang sorgum, beras sorgum, tepung sorgum, biskuit sorgum, gula cair sorgum kemasan botol dan saset, serta sendok dan garpu berbahan sorgum yang bisa dimakan (edible sorghum spoon and fork).

"Ini merupakan salah satu implementasi Kerja Sama Pengembangan Ekspor Produk Unggulan Desa dengan PT. Astra International Tbk yang bertujuan meningkatkan kapasitas ekspor desa ke pasar global, salah satunya adalah produk olahan sorgum," kata Didi.

Sejak diformalkan pada 28 Juli 2021, lanjut Didi, Kemendag dan Astra berkomitmen bahwa dari sekitar 900 desa binaan Astra, "Minimal 100 desa harus mampu ekspor secara mandiri dan mendapatkan repeat order dalam kurun waktu dua tahun, yaitu pada 2023 mendatang," katanya.

 


Berita Terkait :