Presiden Jokowi Apresiasi Kota Pagar Alam Atas Pengembangan Energi Hijau

Rahmad Novandri | Senin, 24/01/2022 21:22 WIB
Presiden Jokowi Apresiasi Kota Pagar Alam Atas Pengembangan Energi Hijau Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pengembangan energi hijau di Kota Pagar alam, Sumatera Selatan, Senin (24/1). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Kota Pagar Alam atas pengembangan energi hijau dengan memulai penggunaan listrik dari energi mikrohidro di daerah tersebut. Karena itu, Jokowi mendorong pemerintah setempat untuk menindaklanjuti penggunaan energi hijau secara terus menerus sehingga Kota Pagar Alam bisa menjadi kota pertama dengan `Nol Emisi`.

“Ini akan menjadi kota dengan zero emission yang pertama kalau nanti bisa ditindaklanjuti. Ini baru listrik rumah tangga dan penggunaan listrik yang lainnya, kalau ditindaklanjuti nanti penggunaan kendaraannya listrik, penggunaan mobilnya listrik, Pagar Alam akan menjadi kota yang pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau,” kata Presiden Jokowi di Lapangan Merdeka, Kota Pagar Alam, Senin, 24 Januari 2022.

Diterangkannya, saat ini semua negara mulai merencanakan menuju ke energi baru terbarukan, baik itu menggunakan energi matahari, hydropower, geotermal, panas bumi, arus bawah laut, panas permukaan laut, maupun angin. Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan energi baru terbarukan tersebut.

“Setelah kita hitung-hitung energi baru dan terbarukan yang kita miliki itu ada kurang lebih; hitungan terakhir tapi saya kira itu belum final; 418 ribu megawatt yang kita miliki, baik itu dari tenaga air, hydropower, baik itu dari panas bumi, geotermal, baik itu dari tidal arus bawah laut, baik itu dari panas permukaan laut, baik itu dari angin, dan baik itu dari tenaga surya, semuanya kita miliki,” paparnya.

Ditambah lagi, tutur Jokowi, pengembangan energi hijau juga didukung dengan keindahan alamnya, maka seluruh Indonesia akan melihat keindahan Kota Pagar Alam. Untuk itu, pemerintah pusat akan terus mendukung pengembangan energi hijau di daerah tersebut.

“Saya tadi sudah menyampaikan kepada Pak Menteri BUMN, kepada Pak Gubernur Sumatra Selatan, kepada juga Pak Wali Kota Pagar Alam agar mulai direncanakan. Pemerintah pusat akan membantu di tempat-tempat yang bisa kita bantu,” tuturnya.