Pedagang Curhat Harga Daging Ayam Naik ke Gus Muhaimin: Sudah Sebulan!

Ahmad Zubaidi | Kamis, 20/01/2022 13:12 WIB
Pedagang Curhat Harga Daging Ayam Naik ke Gus Muhaimin: Sudah Sebulan! Gus Muhaimin menyapa pegadang daging di Pasar Rogojampi, Banyuwangi (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar menggelar sidak harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar tradisonal Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Kamis, 20 Januari 2022.

Gus Muhaimin yang hadir didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Anik Maslachah dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi itu turun langsung menanyakan harga dan stok bahan pokok ke para pedagang di pasar tersebut. Menurutnya harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Rogojampi terpantau ada yang mengalami kenaikan, salah satunya harga daging ayam, minyak goreng dan juga beras.

“Jadi ada beberapa barang yang merangkak naik, salah satunya adalah ayam, minyak, beras naik sedikit tapi tidak signifikan,” kata Gus Muhaimin usai sidak.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar Rogojampi terpantau sudah terjadi dalam kurun waktu sebulan terakhir.

Karena itu dia mendorong pemerintah segera turun tangan dan memastikan harga kebutuhan pokok tersebut bisa lekas stabil, terutama terkait harga daging ayam yang mengalami kenaikan cukup tinggi.

“Yang perlu diantisipasi oleh pemerintah adalah harga daging ayam yang naiknya agak tinggi, ini sudah satu bulan. Kalau minyak sudah ada perkembangan, para pedagang sudah tahu akan ada standar harga yang sama, nah ini semoga tidak merusak pasar,” tukas Gus Muhaimin.

Selain ke sidak ke Pasar Rogojampi, Gus Muhaimin juga berkeliling dan menyempatkan diri belajar sembari mendengar keluhan emak-emak pelaku UMKM anyaman tas di Dusun Jalen, Desa Setail, Genteng, Banyuwangi. "Jangan lupa tuntutan anyaman, supaya hidup lebih nyaman," ungkap Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin mengaku senang bisa berjumpa dengan emak-emak pedagang pasar yang selalu semangat. Menurutnya, pedagang pasar harus selalu didukung dan disupport karena menjadi salah satu penggerak roda ekonomi nasional dari level daerah.

Ia mengaku mendapat banyak masukan dan aspirasi dari emak-emak di pasar, aspirasi itu ia bawa ke Jakarta untuk dicarikan solusinya agar pedagang pasar lebih sejahtera. Salah satu yang menjadi keluhan para pelaku UMKM anyaman tas adalah menurunnya permintaan pasar dalam beberapa tahun terakhir ini yang disebabkan gempuran pandemi Covid-19

"Jalan-jalan ke Pasar Rogojampi, semakin menarik hati," ujar Gus Muhaimin usai keliling dan menyapa emak-emak di pasar.


Berita Terkait :