Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Bintang Bano di NTB

Rahmad Novandri | Jum'at, 14/01/2022 17:18 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Bintang Bano di NTB Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan menaiki perahu saat meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, Jumat (14/1). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bintang Bano yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 14 Januari 2022 siang. Secara total, pemerintah telah menyelesaikan 29 bendungan sejak 2015 lalu.

“Alhamdulillah pada hari ini, Bendungan Bintang Bano yang dibangun sejak 2015, menghabiskan biaya Rp1,44 triliun sudah selesai dan bisa difungsikan. Bendungan Bintang Bano ini memiliki kapasitas tampung yang sangat besar 76 juta meter kubik dengan luas genangan 256 hektare dan mampu mengairi sawah 6.700 hektare,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Bendungan Bintang Bano ini, jelasnya, merupakan satu dari enam bendungan yang dibangun pemerintah di NTB. Sebelumnya, dua bendungan telah diresmikan yakni Bendungan Tanju tahun 2018 lalu dan Bendungan Mila tahun 2019. Adapun tiga bendungan lainnya yang tengah dibangun adalah Bendungan Beringin Sila, Tiu Suntuk, dan Meninting.

“Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah-wilayah kering yang ada di Provinsi NTB,” terangnya.

Kepala Negara berharap, pembangunan Bendungan yang ditargetkan sebanyak 57 bendungan akan selesai pada akhir tahun 2024 mendatang. “Insyaallah nanti pada akhir 2024 total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh tanah air Indonesia,” tuturnya.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana Jokowi dalam peresmian ini, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur PNTB Zulkieflimansyah.