Bendungan Bintang Bano NTB Siap Diresmikan Presiden Jokowi

M. Isa | Kamis, 13/01/2022 19:00 WIB
Bendungan Bintang Bano NTB Siap Diresmikan Presiden Jokowi Bendungan Bintang Bano, NTB (Foto: pu)

RADABANGSA.COM - Bendungan Bintang Bano yang berlokasi di Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bendungan terbesar di NTB itu kini telah rampung dikerjakan oleh pemerintah dan kontraktor. Bendungan ini merupakan bendungan ketiga yang diresmikan Presiden Jokowi setekag Bendungan Tanju pada 2018 dan Bendungan Mila pada 2019 lalu.

"Bendungan ini juga yang terbesar dari sisi kapasitas tampungnya di NTB dengan volume 76 juta m3," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Kamis 13 Januari 2022.

Menteri Basuki mengungkapkan, terdapat enam bendungan di NTB yang dibangun pada masa Pemerintahan Presiden Jokowi. "Setelah Bendungan Tanju dan Mila, tiga Bendungan yakni Beringin Sila, Tiu Suntuk dan Meninting kini tengah dibangun," kata Menteri Basuki.

Enam bendungan tersebut, kata Menteri Basuki merupakan bagian dari 61 bendungan yang dibangun di seluruh Indonesia, sesuai dengan visi misi Presiden Jokowi untuk ketahanan pangan, dimana kunci utamanya adalah air, disamping lahan/sawah, benih, pupuk, dan petani.

"Bendungan multifungsi Bintang Bano manfaatnya untuk irigasi lahan pertanian seluas 6.700 ha, dimana  4.200 ha dulunya tadah hujan dan belum diolah dengan baik. Diharapkan dengan adanya bendungan ini akan bisa ditanami padi 2 kali dalam setahun," ungkapnya.

Selanjutnya ditambahkan Menteri Basuki, Bendungan Bintang Bano yang dibangun dengan total anggaran Rp1,44 triliun dilaksanakan oleh kontraktor PT Brantas Abipraya - PT Hutama Karya - PT Bahagia Bangun Nusa (KSO) juga difungsikan untuk mengurangi banjir di Kabupaten Sumbawa Barat sebesar 53%. 

"Berdasarkan laporan dari Pak Bupati Sumbawa Barat dan Wakil Bupati, saat terjadi hujan besar di daerah Taliwang, Sumbawa Barat sudah tidak terjadi banjir lagi. Apalagi nanti kalau Bendungan Tiu Suntuk selesai juga akan menambah daya kendali banjir," tambahnya.


Berita Terkait :