Presiden Jokowi: Pandemi Tak Boleh Hentikan Upaya Tingkatkan Taraf Hidup Rakyat

Rahmad Novandri | Senin, 10/01/2022 16:05 WIB
Presiden Jokowi: Pandemi Tak Boleh Hentikan Upaya Tingkatkan Taraf Hidup Rakyat Presiden Joko Widodo (foto: kemenkeu)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini tak boleh menyurutkan upaya meningkatkan taraf hidup rakyat. Pemerintah, ujarnya, terus berkomitmen untuk melanjutkan upaya taraf hidup masyarakat di tengah tantangan pandemi COVID-19.

“Pandemi tidak boleh menghentikan upaya-upaya kita untuk meningkatkan taraf hidup rakyat,” kata Jokowi seperti dilansir dari laman resmi Setkab RI, Senin, 10 Januari 2022.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia di mana tahun 2020 lalu berada di level 0,54. “Dari upaya peningkatan sisi kesehatan dan sisi pendidikan yang telah dilakukan, alhamdulillah human capital index kita juga mengalami kenaikan yang cukup baik dari 0,52 di tahun 2017 menjadi 0,54 di tahun 2020, dan ini akan terus kita tingkatkan,” tegasnya.

Selanjutnya, Kepala Negara bersyukur COVID-19 di Indonesia masih terkendali. “Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt., kita berhasil mengelola tantangan kesehatan yang sangat kompleks ini. Kalau kita lihat di bulan Juli, kita betul-betul pada posisi yang penuh dengan kengerian dengan angka kasus 56 ribu per hari,” tuturnya.

Meskipun pandemi COVID-19 saat ini masih terkendali, Presiden Jokowi terus mengingatkan seuruh komponen bangsa agar tetap waspada dan berhati-hati dengan merebaknya varian baru virus corona yakni Omicron. “Walaupun kita berhasil mengendalikan pandemi, namun kita tetap harus hati-hati, tetap harus waspada terhadap kemungkinan risiko pandemi karena adanya varian Omicron,” pungkasnya.