Gus Halim Siap Kembangkan Desa Wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan

M. Isa | Jum'at, 07/01/2022 18:42 WIB
Gus Halim Siap Kembangkan Desa Wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kanan) foto: kemendesagoid

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memastikan akan menfasilitasi pengembangan desa wisata di di Bukit Lawang dan Tangkahan, Sumatera Utara.

“Saya dukung adanya desa wisata yang ada di Bukit Lawang dan Tangkahan yang berada di Kabupaten Langkat. Saya akan mengirim tim untuk memastikan prioritas yang paling memungkinkan dilakukan percepatan sebagai pilot project termasuk pemanfaatan dana desanya,” ujar Gus Halim, sapaan akrabnya di Jakarta, Kamis 30

Saat menerima kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Gus Halim menyampaikan bahwa Kemendes PDTT saat ini sedang menyiapkan platform promosi dan pemanfaatan desa wisata.

"Platform tersebut disiapkan untuk mempermudah calon wisatawan sekaligus untuk menarik investor yang ingin berinvestasi di bidang wisata," katanya.

Menurut Gus Halim, platform promosi media sosial mempunyai pangsa pasar yang tidak terbatas, sehingga sangat efektif dimanfaatkan sebagai media promosi.

"Diantara isinya adalah desa wisata yang dikelola BUM Desa atau BUM Desa yang kerjasama dengan pihak ketiga. Serta isi lainnya yang berkaitan dengan potensi yang ada di desa," tambahnya.

Gus Halim juga menyarankan pengelolaan wisata melalui  badan usaha milik desa (BUM Desa) guna mendorong pemberdayaan masyarakat desa sekitar Bukit Lawang dan Tangkahan.

"Dana desa dapat dimanfaatkan untuk mendirikan BUM Desa. Dan sebagai Lembaga sosial dan komersial, menurutnya pengelolaan BUM Desa selain profesional harus transparan. Agar secara kelembangaan dapat memperkuat perekonomian warga desa," tukasnya.

TAG : Desa Wisata