Tren Omicron Meluas, Luhut Ingatkan Masyarakat Jaga Prokes

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 27/12/2021 10:56 WIB
Tren Omicron Meluas, Luhut Ingatkan Masyarakat Jaga Prokes Masyarakat Gunakan Masker Selama Pandemi (Doc: Harian Nasional)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan, menegaskan bahwa tren penyebaran Covid-19 varian Omicron di dunia menunjukkan peningkatan. Hal ini harus diwaspadai agar tidak terjadi ledakan kasus di dalam negeri

“Hingga Minggu (26/12) kemarin, penyebaran Omicron di dunia semakin meluas. Setidaknya telah terdeteksi di 115 negara dunia dengan total kasus mencapai lebih dari 184 ribu," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin 27 Desember 2021

Luhut mengkonfirmasi bahwa di Indonesia, jumlah kasus positif Covid-19 varian Omicron mencapai 46 kasus. Adapun mayoritas dari jumlah itu adalah masyarakat yang sebelumnya adalah pelaku perjalanan ke luar negeri. Sedangkan sisanya adalah pegawai Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat.

"Kita tetap harus hati-hati, karena data di negara lain menunjukkan kasus anak mengalami peningkatan karena Omicron," sambungnya

Prinsip kehati-hatian itu, menurut Luhut penting untuk tetap dijaga kendati data-data dari negara lain menunjukkan varian Omicron menyebabkan kematian yang jauh lebih rendah dibandingkan varian Delta.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri yang sifatnya liburan. Sebaliknya, masyarakat bisa melakukan perjalanan liburan di dalam negeri saja sekaligus meningkatkan akselerasi pemulihan ekonomi dalam negeri. 

“Tempat wisata domestik tidak kalah cantik dengan yang diluar, jadi saya mohon untuk menunda dulu perjalanan ke luar negeri demi kita bersama,” pungkas Luhut.

TAG : Omicron , Luhut

Berita Terkait :