Jelang Nataru, Pemerintah Terus Antisipasi Lonjakan Mobilitas Masyarakat

M. Isa | Kamis, 23/12/2021 18:16 WIB
Jelang Nataru, Pemerintah Terus Antisipasi Lonjakan Mobilitas Masyarakat Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Stasiun Pondok Rajeg, Bogor (foto: dephub)

RADARBANGSA.COM - Dalam upaya mengantisipasi lonjakan mobilitas dan mengawasi penerapan kebijakan pengetatan protokol kesehatan di lapangan di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), sektor darat menjadi yang paling krusial.

Selain melakukan pengaturan terhadap transportasi umum dan angkutan barang, Pemerintah harus melakukan pengaturan terhadap kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pengawasan di lapangan menjadi sangat penting, yang menentukan keberhasilan kebijakan pengetatan prokes di masa libur Nataru.

“Apa yang ada di atas kertas, berbeda dengan yang ada di lapangan. Untuk itu, para petugas di lapangan harus siap menghadapi dinamika situasi dan kondisi yang terjadi,” kata Menko Muhadjir.

Menko Muhadjir mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh kepolisian, TNI, bersama pemangku kepentingan terkait, yang telah mempersiapkan penanganan di lapangan dengan baik, seperti: menggelar Operasi Lilin, penyediaan fasilitas vaksinasi dan tes antigen di sejumlah titik, penyiapan kebijakan manajemen rekayasa lalu lintas, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan telah diantisipasinya lonjakan mobilitas yang diperkirakan terjadi pada tanggal 23 dan 24 Desember 2021, diharapkan sejumlah skenario penanganan yang telah disiapkan untuk mengendalikan lalu lintas, bisa berjalan dengan baik.

“Dalam melakukan pengendalian mobilitas di lapangan, ada tiga instruksi dari Presiden RI Joko Widodo yaitu pertama, lakukan penanganan secara humanis. Kedua, kolaborasi dan koordinasi secara intensif," katanya.

TAG : Nataru , kemenhub

Berita Terkait :