Presiden Jokowi Tegaskan Gotong Royong Kunci Penanganan Pandemi di Indonesia

Rahmad Novandri | Kamis, 23/12/2021 17:53 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Gotong Royong Kunci Penanganan Pandemi di Indonesia Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kesuksesan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia merupakan hasil gotong royong dari semua pihak. Disampaikannya, bangsa Indonesia memiliki budaya gotong royong yang tidak dimiliki oleh negara lain.

“Bukan kerja satu, dua, tiga orang, ini kerja gotong royong, semuanya bekerja. Enggak bisa kerja kalau ada yang mengklaim ‘Wah ini suksesnya Presiden’ enggak ada, enggak boleh seperti itu. Karena ini saya rasakan semuanya bekerja dan negara lain itu yang enggak punya, gotong-royong itu enggak punya,” ujar Jokowi dikutip dari laman resmi Setkab RI, Kamis, 23 Desember 2021.

Presiden menjelaskan, kerja keras terus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari level atas hingga para tenaga kesehatan di puskesmas. Kepala Negara menyebut, Indonesia memiliki ribuan puskesmas yang siap melayani masyarakat di masa pandemi COVID-19.

“Betul-betul mati-matian. Kalau negara lain hanya punya rumah sakit, kita sampai memiliki 10 ribu puskesmas di seluruh tanah air,” tuturnya.

Jokowi bersyukur karena sampai saat ini, Indonesia telah menyuntikkan sebanyak 263 juta dosis vaksin kepada masyarakat. Kepala Negara menungkapkan bahwa hal tersebut dapat dicapai berkat kerja keras dari berbagai pihak.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa pemerintah terus berupaya membangun infrastruktur sebagai fondasi dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Kita ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita, kita ingin menyiapkan competitiveness, daya saing negara kita, dan yang paling penting kita ingin membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya, kalau fondasinya tidak ada, hal yang fundamental ini tidak kita bangun, jangan bermimpi ke mana-mana,” tandasnya.


Berita Terkait :